Tuesday, August 12, 2008

Memodifikasi kotak dialog pd Windows

Memodifikasi kotak dialog pd Windows #1 *

Anda pasti sudah paham kalau Windows mempunyai banyak sekali kotak dialog (dialog box), misalnya kotak dialog Taskbar Properties, Run (Start Menu - Run), lalu kotak dialog yang muncul saat Anda akan menghapus file. Tahukah Anda bahwa semua kotak dialog itu dapat Anda modifikasi sesuka hati, misalnya mengganti bahasanya, tampilannya, dan sebagainya ?

Nah, ikuti tips berikut untuk melakukan semua itu :

1.

Download program ResourceHacker di sini.

2.

Copy file shell32.dll (terletak di C:\Windows\System) ke sembarang folder, misalnya ke C:\, sehingga bila terjadi error Anda dapat mengembalikan seperti keadaan semua.

3.

Jalankan program ResourceHacker. Lalu dari menu File, pilih Open dan pilih file shell32.dll hasil copy-an tadi.


Klik pd gambar utk melihat tampilan yg lebih besar

4.

Tentukan kotak dialog yang ingin Anda ganti. Misalnya mengganti kotak dialog shortcut (kotak dialog yg muncul saat Anda mengklik kanan pada shortcut dan memilih Properties). Untuk itu klik pada Dialog, dan klik lagi pada 1040 dan 1033.

5.

Klik pada teks yang ingin Anda ganti tulisannya. Misalnya tulisan Find Target. Caranya klik kanan pada button yg terdapat tulisan Find Target, lalu pilih Edit Control. Maka akan muncul kotak dialog seperti pada gambar di samping (klik pada gambar untuk melihat tampilan yang lebih besar).

6.

Ganti tulisan yang terletak pada bagian Caption. Anda boleh mengganti teks tersebut sesuai keinginan Anda, tapi perhatikan jumlah karakter aslinya (jumlah aslinya 15 karakter). Jadi jumlah karakter dari teks yang baru Anda buat harus sama dengan jumlah karakter aslinya.

7.

Setelah melakukan perubahan, klik OK. Lalu tekan tombol Compile Script yang terletak pada bagian atas program ResourceHacker.

 

Langkah selanjutnya

 

 

 

 

Memodifikasi kotak dialog pd Windows #2 *

8.

Selain kotak dialog Shortcut Properties, Anda dapat mengganti berbagai kotak dialog lainnya. Caranya seperti pada langkah 4 sampai langkah 7.

9.

Setelah Anda "puas" memodifikasi berbagai kotak dialog tersebut, klik pada menu File dan Save. Lalu klik pada File - Exit:

10.

Restart Windows Anda ke Dos Mode. Caranya dari menu Start klik Shutdown lalu pilih Restart in MS Dos Mode. Pada Dos prompt ketikkan perintah-perintah di bawah ini (tulisan berwarna merah adalah keterangannya, yang Anda tulis adalah teks yang berwarna hitam).

 


C:\Windows

(pindah ke directory system)
C:\Windows\cd system

(mengganti nama file shell32.dll menjadi shell32.bak)
C:\Windows\System\ren shell32.dll shell32.bak

(pindah ke root directory drive C, tempat menyimpan file shell32.dll yang telah dimodifikasi)

C:\Windows\System\cd\

(meng-copy file shell32.dll yang telah dimodifikasi ke C:\Windows\System)
C:\copy shell32.dll C:\Windows\System
 

11.

Setelah itu Anda dapat masuk kembali ke Windows. Untuk melihat hasilnya (bila yang dimodifikasi adalah kotak dialog Shortcut), klik kanan pada sembarang shortcut, lalu pilih Properties.

 

Langkah Selanjutnya

Anda masih bingung dengan penjelasan di atas ? Kirim email ke help@klik-kanan.com atau kirim pertanyaan ke Forum Diskusi.

 

 

 

Hasil Memodifikasi kotak dialog pd Windows

Di bawah ini adalah beberapa contoh kotak dialog yang telah dimodifikasi. Anda dapat memilih berbagai kotak dialog lainnya yang ingin Anda modifikasi. Untuk itu Anda dapat mencarinya sendiri berdasarkan pedoman yang telah kami berikan pada artikel.

Kotak Dialog Run (Start Menu - Run)
 
(Untuk memodifikasi, dari ResourceHacker, klik pd Dialog lalu 1003 - Lihat artikel pada langkah ke-4)

Kotak dialog shortcut properties

(Untuk memodifikasi, dari ResourceHacker, klik pd Dialog lalu 1040 - Lihat artikel pada langkah ke-4).

Klik pada gambar untuk melihat tampilan yang lebih besar

Kotak dialog yang muncul saat kita mengklik file atau folder dan mendragnya.
 
(Untuk memodifikasi, dari ResourceHacker, klik pd Menu lalu 200 - Lihat artikel pada langkah ke-4)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tips mempercepat pemanggilan aplikasi

Anda pasti mempunyai program-program favorit, dalam arti program yang sering sekali Anda gunakan. Misalnya MS Word, MS Excel, Corel Draw dan sebagainya. Untuk menjalankan aplikasi tersebut biasanya Anda harus mengarahkan mouse ke Start - Programs - Microsoft Word (atau yg lainnya).

Nah, kali ini kami akan memberikan tips cara menjalankan aplikasi favorit tersebut dengan mudah, hanya dengan menekan kombinasi tombol yang dapat Anda pilih. Langkah lengkapnya sebagai berikut:

1.

Klik kanan pada shortcut aplikasi yang Anda inginkan (biasanya terletak di Start - Programs), lalu pilih properties. Maka akan muncul tampilan seperti pada gambar di samping.

*Pada contoh ini shortcut yang digunakan adalah shortcut untuk MS Word.

2.

Letakkan cursor mouse ke edit box Shortcut Key. Lalu tekan kombinasi tombol yang Anda inginkan.
Dalam contoh gambar di kanan, kombinasi tombol yang digunakan adalah Ctrl + Shift + W.

3.

Setelah itu letakkan cursor mouse di edit box Run. Terdapat tiga pilihan yaitu Normail window, Minimized, Maximized.
Maximized berarti aplikasi tersebut akan terbuka dengan ukuran window maksimal. Minimized berarti aplikasi akan terbuka dalam keadaan minimize.

4.

Jika sudah selesai tekan tombol Apply dan OK.

Mulai sekarang untuk membuka aplikasi yang Anda inginkan tinggal menekan kombinasi tombol yang telah Anda tentukan pada langkah ke-2 tadi. Selamat mencoba!

Catatan:
Pada gambar di atas terdapat tulisan Tipe Target, Letak Target, Target, Mulai dr, Cari Target dan Ganti Icon. Tulisan-tulisan tersebut telah diganti dari aslinya yang berbahasa Inggris dengan menggunakan program ResourceHacker. Ikuti cara mengganti tulisan tersebut di sini.

No comments:

 

© 2007 Trik dan Tip Populer: Memodifikasi kotak dialog pd Windows | Design by Template Unik



Template unik dari rohman


---[[ Skip to top ]]---